Senin, 07 Mei 2012

Pengertian Instrumen


Instrumen yaitu sesuatu yang dapat digunakan untuk mempermudah seseorang melakukan tugas atau mencapai tujuan secara efektif atau efisien (Suharsimi Arikunto, 2009: 25). Instrumen disebut juga sebagai alat. Instrumen evaluasi juga dapat diartikan sebagai alat evaluasi. Menurut Farida Yusuf Tayibnapis (2000: 102), instrumen merupakan alat yang digunakan untuk merekam informasi yang dikumpulkan.
Untuk memperjelas pengertian instrumen diberikan contoh sebagai berikut: Ada dua cara untuk mengupas kelapa, yang satu menggunakan pisau dan yang satu lagi tidak. Hasil pekerjaan mengupas kelapa dengan pisau akan lebih baik daripada tanpa menggunakan pisau. Dalam evaluasi, fungsi instrumen juga untuk memperoleh hasil yang lebih baik sesuai dengan kenyataan yang dievaluasi (Suharsimi Arikunto, 2009: 26).
Suatu instrumen evaluasi dikatakan baik apabila mampu mengevaluasi sesuatu yang dievaluasi sesuai dengan keadaan sebenarnya (Suharsimi Arikunto, 2009: 26). Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut:
Contoh Pertama
Apabila yang akan dievaluasi adalah keterampilan peserta didik menggunakan alat percobaan, maka hasil evaluasinya adalah gambaran tentang tingkat keterampilan peserta didik dalam menggunakan alat percobaan.
Contoh Kedua
Apabila yang akan dievaluasi adalah seberapa banyak peserta didik mampu menyebutkan pengertian istilah, maka hasil evaluasinya berupa berapa banyak peserta didik mampu menyebutkan pengertian istilah.





DAFTAR PUSTAKA
Farida Yusuf Tayibnapis. (2000). Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta
Suharsimi Arikunto. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara  




1 komentar: