Kamis, 24 Mei 2012

Bagaimana Gambaran Kurikulum Pendidikan Sains Masa Depan?


Kurikulum diartikan sebagai  rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelengaraan kegiatan pembelajaran  untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan). Kurikulum selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan kurikulum disesuasaikan dengan perubahan: (1) falsafah negara, (2) sosial budaya (3) landasan psikologi, (3) kemajuan ilmu dan teknologi, (4) tuntutan masyarakat, (5) kebutuhan masyarakat, dan (6) lingkungan hidup (Sukardjo, 2012: 1).
Kurikulum pendidikan di Indonesia dari waktu ke waktu mengalami perubahan. Perubahan kurikulum secara berturut-turut, yaitu pada tahun 1947, tahun 1952, tahun 1964, tahun 1968, tahun 1975, tahun 1984, tahun 1994, dan tahun 2004, serta yang terbaru adalah kurikulum tahun 2006 yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Menurut Agus Suhartono Putra (http://www.kompasberita.com/2012/01/analisis-kritis-perubahan-kurikulum-pendidikan-di-indonesia/), perubahan tersebut merupakan konsekuensi logis dari terjadinya perubahan sistem politik, sosial budaya, ekonomi, dan IPTEK dalam masyarakat berbangsa dan bernegara. Hal tersebut disebabkan karena kurikulum sebagai seperangkat rencana pendidikan perlu dikembangkan secara dinamis sesuai dengan tuntutan dan perubahan yang terjadi di masyarakat. Perkembangan semua kurikulum nasional dirancang berdasarkan landasan yang sama, yaitu Pancasila dan UUD 1945. Perbedaan masing-masing kurikulum terletak pada penekanan pokok dari tujuan pendidikan serta pendekatan dalam mengimplementasikannya 
Dalam perkembangannya, KTSP juga dapat mengalami perubahan. Hal tersebut terjadi apabila KTSP dirasakan kurang sesuai denga keadaan sistem politik, sosial budaya, ekonomi, dan IPTEK serta tuntutan kebutuhan masyarakat. Kurikulum pendidikan sains pada masa yang akan datang harus disesuaikan dengan hakikat sains itu sendiri serta didasarkan atas evaluasi pelaksanaan kurikulum yang ada saat ini.


"Lalu bagaimana gambaran kurikulum pendidikan sains pada masa depan????"


DAFTAR  PUSTAKA
Agus Hartanto Putra. 2012.  http://www.kompasberita.com/2012/01/analisis-kritis-perubahan-kurikulum-pendidikan-di-indonesia/
Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Sukardjo, 2012. Buku Pegangan Kuliah (BPK) Problem Kurikulum dan Pembelajaran  Sains (Untuk Kalangan Sendiri). Yogyakarta: Program S2 Pendidikan Sains Pascasarjana UNY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar