RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
X
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI / 2
Standar
Kompetensi : 3.1 Menganalisis alat-alat optik secara
kualitatif dan kuantitatif
Kompetensi
Dasar : 3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu : 2 kali pertemuan
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Peserta
didik dapat menganalisis pembentukan bayangan pada mata, kacamata, lup,
kamera, dan mikroskop
2.
Peserta
didik dapat mendeskripsikan fungsi dan bagianalat optik mata, kacamata,
lup, kamera, dan mikroskop
3. Peserta didik dapat menghitung
perbesaran lup, kaca mata, kamera, dan mikroskop
4. Peserta didik dapat
mengidentifikasi penerapan berbagai alat optik dalam kehirupan sehari-hari
5. Peserta
didik dapat membuat alat optik sederhana
6. Peserta
didik dapat mengembangkan karakter baik
B.
INDIKATOR PEMBELAJARAN
1.
Peserta
didik dapat menggambar pembentukan bayangan pada mata, kacamata, lup,
kamera, dan mikroskop
2.
Peserta
didik dapat menyebutkan fungsi
dan bagian alat optik mata, kacamata, lup, kamera, dan mikroskop
3. Peserta didik dapat menghitung
perbesaran lup, kaca mata, kamera, dan mikroskop
4. Peserta didik dapat menyebutkan
penerapan berbagai alat optik (mata, kacamata, lup, kamera, dan mikroskop)
dalam kehirupan sehari-hari
5. Peserta
didik dapat membuat alat optik sederhana berupa lup atau kacamata
6. Peserta
didik dapat mengembangkan karakter religious, hormat, mandiri, kerjasama,
percaya diri, bertanggungjawab, jujur, dan lain sebagainya.
C.
MATERI POKOK
Alat-Alat Optik yaitu: mata, lup, kaca mata, kamera, dan
mikroskop
D.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran: Pendekatan SETS
Metode Pembelajaran: Diskusi, Ceramah, Penugasan Proyek
E.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1 (2 X 45
menit)
Langkah
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Peserta didik
|
Pendahuluan
(10 menit)
|
1.
Memulai pembelajaran dengan salam dan doa
2.
Menyampaikan apersepsi,
Menanyakan kepada peserta didik yang memakai
kacamata, jenis lensa apa yang digunakan?
Apa fungsi dari lensa tersebut?
Menanyakan mengenai permasalahan sehari-hari yang
berkenaan dengan alat optik
3.
Menanyakan kepada
seluruh peserta didik: bagaimana prinsip kerja dari alat-alat optik?
4.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
1.
Memulai pembelajaran dengan menjawab salam dan doa (religius)
2.
Memperhatikan dan menjawab pertanyaan guru (hormat)
3.
Berusaha menjelaskan prinsip bagaimana prinsip kerja
dari alat-alat optic (olah pikir)
4.
Memahami tujuan pembelajaran (olah pikir)
|
Langkah
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Peserta didik
|
Kegiatan Inti
(65 menit)
|
eksplorasi
5.
Menyampaiakan
materi pembelajaran dengan media
pembelajaran interaktif
elaborasi
6.
Membagi kelas
ke dalam kelompok
7.
Membagikan LKS
Alat-Alat Optik kepada masing-masing kelompok
8.
Memberi penjelasan singkat mengenai pengisian LKS
9.
Memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk menjawab pertanyaan yang ada dalam LKS
konfirmasi
10.
Membahas
kegiatan dalam LKS
11.
Memberikan
tugas kelompok yaitu membuat alat optic sederhana (lup dari bohlam atau
kacamata sederhana)
|
5.
Memperhatikan
dan menanyakan hal yang belum jelas (hormat)
6.
Berkumpul dalam
kelompok (kerjasama)
7.
Menerima LKSdan
membaca petunjuk LKS
8.
Melakukan kegiatan sesuai dengan petunjuk di LKS
9.
Menjawab
pertanyaan yang ada dalam LKS
10.
Mendiskusikan
hasil kegiatan (menghargai pendapat)
11.
Memperhatikan
dan bertanya apabila ada hal yang belum jelas (mandiri)
|
Langkah
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Peserta didik
|
Penutup
(10 menit)
|
12. Mengarahkan peserta didik untuk menyimpulkan hasil
kegiatan
13. Meminta peserta didik mengumpulkan tugas minggu
depan dan menjelaskan alat yang dibuatnya
14. Mengakhiri pembelajaran
dengan doa dan salam
|
12.
Menyimpulkan hasil kegiatan yang telah dilakukan
13.
Memperhatikan
guru (jujur dan bertanggungjawab)
14.
Mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam (religius)
|
PERTEMUAN 2 (2 X 45
menit)
Langkah
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Peserta didik
|
Pendahuluan
(10 menit)
|
1.
Memulai
pembelajaran dengan salam dan doa
2.
Menyampaikan
apersepsi,
menanyakan fungsi
alat-alat optic dan bagaimana pembentukan bayangannya?
3.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
1.
Memulai
pembelajaran dengan menjawab salam dan doa (religi)
2.
Memperhatikan
dan menjawab pertanyaan guru (hormat)
3.
Memahami
tujuan pembelajaran (olah pikir)
|
Langkah
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Peserta didik
|
Kegiatan Inti
(65 menit)
|
eksplorasi
4.
Membagi peserta didik dalam kelompok
5.
Menanyakan mengenai tugas proyek yang
dilaksanakan
elaborasi
6.
Meminta masing-masing kelompok untuk
mempresentasikan tugas
7.
Memfasilitasi
peserta didik dalam diskusi
konfirmasi
8.
Membahas kegiatan yang telah dilakukan dalam
kelas
9.
Membahas hasil pekerjaan LKS
|
4.
Berkumpul dalam kelompok (kerjasama)
5.
Menjawab pertanyaan guru (olah pikir)
6.
Memperhatikan presentasi kelompok lain (menghargai pendapat)
7. Mendiskusikan
hasil pekerjaan tugas proyek di daam kelas (menghargai pendapat)
8.
Mendiskusikan hasil kegiatan dalam kelas
9.
Memperhatikan dan bertanya apabila ada hal
yang belum jelas
|
Langkah
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Peserta didik
|
Penutup
(10 menit)
|
10.
Mengarahkan
peserta didik untuk menyimpulkan hasil kegiatan
11.
Mengakhiri
pembelajaran dengan doa dan salam
|
10.
Menyimpulkan
hasil kegiatan yang telah dilakukan
11.
Mengakhiri
pembelajaran dengan doa dan salam
|
F.
SUMBER BELAJAR
1.
Media pembelajaran interaktif alat-alat optik
2.
Buku Referensi
a. Marthen
Kanginan. 2007. Fisika SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga.
b. Bambang
Ruwanto. 2003. Asas-Asas Fisika 1B SMA
Semester Pertama. Yogyakarta: Yudhistira.
c. Purwoko
dan Efendi. 2009. Physics For Senior High
School Year X. Yogyakarta: Yudhistira.
d. Mikrajudin
Abdullah, M.Si. 2007. Fisika 1A SMA dan
MA untuk Kelas X Semester 1. Jakarta: Erlangga
G.
ALAT DAN BAHAN
1. Perangkat computer
2. LCD dan layar
3. Bahan-bahan sederhana seperti bola lampu
bekas (bohlam), lensa, dan lain sebagainya
H.
PENILAIAN
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian
kognitif: tes tertulis
b. Penilaian
afektif: observasi
c. Penilaian
psikomotor: penugasan proyek
2. Bentuk
Instrumen
a.
Tes pilihan ganda dan uraian
b.
Lembar observasi
c.
Portofolio
3. Contoh Instrumen:
a.
Contoh
tes pilihan ganda dan uraian
1) Seorang peserta didik ingin
melihat benda-benda yang sangat jauh. Apabila peserta didik tersebut hanya
dapat melihat benda paling jauh 200 cm, maka ia harus menggunakan kacamata dengan
kekuatan ....
A. +1,0 D
B. +0,5 D
C. -0,5 D
D.-1,0 D
E. -1,5 D
2) Contoh tes uraian
Berapakah
perbesaran sebuah teleskop yang memiliki lensa obyektif dengan panjang fokus 75
cm dan lensa okuler dengan panjang fokus 4 cm?
b.
Contoh
penilaian afektif
Lembar penilaian:
KARAKTER
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
Relegius
|
|
|
|
|
Hormat
|
|
|
|
|
Mandiri
|
|
|
|
|
Kerjasama
|
|
|
|
|
Percaya diri
|
|
|
|
|
Bertanggung
jawab
|
|
|
|
|
Jujur
|
|
|
|
|
c.
Contoh penugasan
proyek
Buatlah alat
optik sederhana (lup bohlam) dalam kelompok
Lembar
penilaian:
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Kuantitatif
|
Nilai Kualitatif
|
Diskripsi
( Alas an )
|
Keaktifan
dalam kerja kelompok
|
|
|
|
Kerapian
hasil
|
|
|
|
Kemampuan
menyimpulkan
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
Yogyakarta, 12 Juni 2012
|
Guru Mata pelajaran
Ayu Rahayu, S.Pd
NIM. 11708251060
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar