Instrumen yaitu sesuatu yang dapat digunakan
untuk mempermudah seseorang melakukan tugas atau mencapai tujuan secara efektif
atau efisien (Suharsimi Arikunto, 2009: 25). Instrumen disebut juga sebagai
alat. Instrumen evaluasi juga dapat diartikan sebagai alat evaluasi. Menurut
Farida Yusuf Tayibnapis (2000: 102), instrumen merupakan alat yang digunakan
untuk merekam informasi yang dikumpulkan.
Untuk memperjelas pengertian instrumen
diberikan contoh sebagai berikut: Ada dua cara untuk mengupas kelapa, yang satu
menggunakan pisau dan yang satu lagi tidak. Hasil pekerjaan mengupas kelapa
dengan pisau akan lebih baik daripada tanpa menggunakan pisau. Dalam evaluasi,
fungsi instrumen juga untuk memperoleh hasil yang lebih baik sesuai dengan
kenyataan yang dievaluasi (Suharsimi Arikunto, 2009: 26).
Suatu instrumen evaluasi dikatakan
baik apabila mampu mengevaluasi sesuatu yang dievaluasi sesuai dengan keadaan
sebenarnya (Suharsimi Arikunto, 2009: 26). Untuk lebih jelasnya, perhatikan
contoh berikut:
Contoh Pertama
Apabila yang akan dievaluasi adalah
keterampilan peserta didik menggunakan alat percobaan, maka hasil evaluasinya
adalah gambaran tentang tingkat keterampilan peserta didik dalam menggunakan
alat percobaan.
Contoh Kedua
Apabila yang akan dievaluasi adalah seberapa
banyak peserta didik mampu menyebutkan pengertian istilah, maka hasil
evaluasinya berupa berapa banyak peserta didik mampu menyebutkan pengertian
istilah.
DAFTAR PUSTAKA
Farida Yusuf
Tayibnapis. (2000). Evaluasi Program.
Jakarta: Rineka Cipta
Suharsimi Arikunto.
(2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan
Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara
sangat jelas sekali
BalasHapus